8 Cara Merawat Kulit Sensitif Alami

Cara Merawat Kulit Sensitif Alami
Dermatologi mendefinisikan kulit sensitif kulit sangat kering, yang rentan terhadap reaksi kulit seperti bisul, benjolan kulit atau erosi kulit dan memiliki kecenderungan memerah dan kulit memerah. Kulit kering berlebihan tidak bisa lagi melindungi ujung saraf, sehingga menyebabkan reaksi kulit sensitif.

Selain kekeringan, beberapa penyebab lain dari reaksi kulit sensitif adalah gangguan kulit atau reaksi alergi pada kulit, seperti eksim, rosacea atau dermatitis kontak alergi.

Paparan berlebihan terhadap faktor lingkungan seperti matahari dan angin atau panas yang berlebihan atau dingin juga dapat menyebabkan kulit sensitif untuk bereaksi. Faktor yang mendasari serta genetika dapat menyebabkan kulit Anda untuk memiliki peningkatan sensitivitas.

Kulit sensitif bereaksi buruk terhadap sinar matahari, bahan kimia dalam produk perawatan kulit, penggunaan berlebihan makeup dan dehidrasi. Plus, itu lebih rentan terhadap kekeringan, gatal-gatal dan kemerahan. Tingkat sensitivitas bervariasi dari orang ke orang.

Karena kulit seperti ini sangat reaktif dan halus, perlu perawatan ekstra dan perhatian khusus. Merawat kulit sensitif membutuhkan kesabaran, tapi begitu Anda tahu bagaimana untuk mengurusnya, tidak ada yang bisa mencegah Anda dari menikmati, kulit bercahaya sehat.

Berikut adalah 8 cara untuk merawat kulit sensitif.


Minum Air Lemon setiap hari

Mereka yang memiliki kulit sensitif harus memulai hari mereka dengan segelas air lemon. Vitamin C serta antioksidan lainnya dalam lemon membantu memerangi radikal bebas kerusakan. Selain itu, air lemon pembersihan racun dari darah , yang membantu menjaga kulit bercahaya dan bebas dari jerawat, noda, keriput dan masalah lainnya.

Untuk membuat air lemon, memeras jus dari ½ lemon ke dalam segelas air hangat. Tambahkan madu mentah sedikit dan minum pada waktu perut kosong setiap pagi. Tunggu minimal 30 menit, kemudian menikmati sarapan Anda.

Selain itu, minum air sepanjang hari secara teratur untuk menjaga kulit Anda terhidrasi dan lembab dari dalam. Hal ini juga membantu tubuh flush racun.


Gunakan Sunscreen ( Menerapkan tabir surya )Sepanjang tahun

Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit sensitif dari ultraviolet yang berbahaya (UV) dari sinar matahari. Karena kebanyakan tabir surya mengandung bahan beracun atau endokrin-mengganggu bahan kimia yang dapat membahayakan kulit sensitif, gunakan tabir surya dengan bahan-bahan seperti seng oksida dan titanium dioksida karena bahan-bahan ini menawarkan perlindungan spektrum luas tanpa menimbulkan efek samping.

Baik itu musim panas, musim dingin atau hari berawan, jangan meninggalkan rumah tanpa menggunakan tabir surya. Menerapkannya 20 sampai 30 menit sebelum Anda pergi keluar di bawah sinar matahari.

Selain itu, hindari berada di luar selama tengah hari ketika sinar matahari menyengat, memakai topi besar bertepi dan mengenakan pakaian longgar untuk menutupi kulit yang terkena.

Pilih Produk Perawatan Kulit secara Hati-hati

Baik itu pembersih, pelembab, sabun atau paket makeup wajah, Anda perlu membeli produk yang tepat untuk kulit sensitif Anda.

Hindari menggunakan perawatan kulit dan kosmetik dari produk yang memiliki alkohol, exfoliant yang keras, natrium lauril sulfat, petrokimia, asam, pewarna, atau wewangian sintetis karena ini dapat mengiritasi kulit.

Sebaliknya, memilih produk yang memiliki antioksidan kuat serta bahan anti-inflamasi seperti teh putih, teh hijau, lidah buaya, chamomile, tumbuhan laut, calendula dan gandum. Selain itu, lebih sedikit bahan dalam produk perawatan kulit, semakin baik untuk kulit sensitif Anda.

Jika Anda memiliki kesulitan menemukan hak jenis kosmetik dan produk perawatan kulit, carilah produk berlabel "antialergi" (hypo-allergenic) dan "bebas-aroma" (fragrance-free).

Selalu melakukan tes sebelum membeli produk perawatan kulit baru. Jika Anda tidak yakin tentang produk tersebut, ada baiknya mendapatkan nasihat dari seorang ahli sebelum Anda membelinya.

Melembabkan dengan Minyak Kelapa


Extra-virgin minyak kelapa murni merupakan pelembab alami untuk kulit sensitif. Ini memiliki jumlah yang baik dari asam lemak yang membantu menjaga kulit Anda dengan baik dan mencegah kekeringan. Minyak kelapa menembus jauh ke dalam pori-pori , bergizi dan pelembab dari dalam.

Selain itu, kondisi seperti psoriasis, dermatitis dan eksim kelapa memperlakukan minyak karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba tersebut. Ia bahkan bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Sebelum tidur, cukup oleskan minyak kelapa pada wajah, lengan dan kaki dan pijat dengan itu. Mencucinya di pagi hari. Lakukan setiap hari untuk membuat kulit Anda lembut dan halus. Untuk mandi menenangkan, campurkan 1 cangkir minyak kelapa extra-virgin di air mandi panas. Berendam di dalamnya selama 15 menit .

Bersihkan dengan Susu

Susu mentah adalah pembersih yang sangat baik untuk kulit sensitif. Selain itu, susu memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang membantu menyingkirkan kulit kering dan gatal. Hal ini juga membantu menjaga kelembaban kulit dan meningkatkan warna kulit.

Untuk menggunakan susu sebagai pembersih, celupkan kapas dalam susu mentah dan oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 5 sampai 15 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air hangat.

Untuk membuat pelembab sebagai masker, tambahkan ½ sendok teh tepung pada Secangkir susu, Aduk hingga menjadi pasta. Campurkan beberapa tetes madu mentah dan air mawar. Oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas menggunakan air hangat. Gunakan masker wajah ini seminggu sekali.

Manjakan Kulit Anda dengan Air Bunga Mawar

Pendinginan alami, zat, antiseptik, sifat anti-inflamasi dan antioksidan air mawar sangat baik untuk kulit sensitif. Hal ini juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit tanpa membuatnya menjadi terlalu berminyak atau kering. Selain itu alami, tidak menyebabkan reaksi apapun pada kulit.
Biasakan menggunakan air mawar sebagai toner dapat membantu mencegah keriput, mengencangkan pori-pori dan membuat kulit bercahaya dan indah. Sebelum tidur, semprot beberapa air mawar di wajah Anda dan pijat dengan lembut.

Makan Makanan Sehat

Makan makanan sehat yang baik untuk kulit sensitif serta seluruh tubuh Anda. Perhatikan mendapatkan keseimbangan yang tepat dari vitamin, mineral, antioksidan, protein, omega-3 dan lemak tak jenuh dalam diet Anda untuk menjaga kulit Anda sehat dan menghindari, kulit yang teriritasi kering.

Meningkatkan asupan makanan anti-inflamasi, seperti minyak zaitun, bawang putih, kunyit, jahe, ceri tart, salmon liar, bayam, ubi jalar, blueberry, kenari dan alpukat. Makanan ini akan mengurangi peradangan dan manfaat kulit sensitif.

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan reaksi kulit pada orang dengan kulit sensitif adalah makanan berbasis gluten seperti roti gandum, kecap, bir, sereal dan apa pun yang mengandung tepung gandum, rye dan barley. Kedelai dan makanan berbasis kedelai, telur, anggur merah dan makanan dengan warna buatan dan pengawet juga dapat menyebabkan masalah.

Beralih ke Green Tea / teh hijau

Teh hijau baik untuk orang dengan kulit sensitif. Karena penuh dengan antioksidan, yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya dan tetap diremajakan serta membuat awet muda. Hal ini juga membantu menenangkan kulit Anda.

Minum beberapa cangkir teh hijau setiap hari untuk membantu melawan berbagai tanda-tanda penuaan dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Plus, Anda dapat menyimpan teh hijau yang sudah diseduh dalam lemari es dan menggunakannya untuk membersihkan wajah Anda.

Anda juga dapat memilih produk perawatan kulit yang memiliki teh hijau sebagai salah satu bahan utama.

Tips tambahan

  • Jangan menggunakan air panas untuk membersihkan kulit Anda.
  • Jangan gunakan produk berbasis minyak bumi pada kulit sensitif.
  • Hindari suhu ekstrim - panas atau dingin.
  • Jangan over-merangsang kulit dengan massage, menggosok atau membersihkan berlebihan atau keras.
  • Hindari alkohol dan merokok.
  • Latihan/senam setiap hari untuk meningkatkan aliran darah ke kulit.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment